Cara Memilih Semangka yang Bagus

Pernah gak kena zonk waktu habis beli semangka, entah itu beli dari mamang-mamang hingga di supermarket? Zonk-nya bisa dari tekstur buahnya, rasanya, atau faktor yang lain. Sebenarnya postingan kali ini, lebih ke cara menghindari dapat semangka yang zonk, jadi lebih spotting ciri-ciri negatifnya aja. Toh yang jelek-jelek lebih gampang kasat mata kan daripada yang bagus-bagus? #eh

Yo, kalau Anda menemukan satu (atau lebih) tanda-tanda semangka jelek berikut, ya ga usah dibeli OK.

1. Pada semangka terdapat retak-retak atau bercak putih-hitam

moldy watermelon

Takutnya terinfeksi jamur.

2. Semangkanya terasa terlalu enteng

watermelon weight

Ya memang kalau semangkanya ringan, kita jadi lebih enak bawanya. Tapi, bisa jadi kalau semangka terlalu ringan, itu tandanya kurang zat air pada semangka tersebut.

3. Suara semangka kurang enak didengar (?)

watermelon knocking

Hmmm gimana ya ini agak susah-susah gampang. Intinya, kalau kita coba ngetuk-ngetuk semangkanya dan suaranya kayak berongga atau nggema gitu, berarti semangkanya bagus (juicy, banyak mengandung air).

4. Tangkainya masih hijau

watermelon green stem

Bisa jadi semangkanya belum matang.

5. Semangkanya TERLALU terlihat bagus

watermelon webbing

Kalau motif stripe pada semangka-nya rapi banget dan bagus, bisa jadi dulunya gak begitu menerima penyerbukan yang cukup. Tapi gak ngaruh-ngaruh banget sih indikator yang ini, paling apes-apesnya kalau dapat semangka yang begini ya palingan semangkanya bakalan tidak manis-manis amat.

6. Semangkanya panjaaaaang banget

watermelon long

Sama seperti ciri-ciri sebelumnya, semangka yang bentuknya cenderung lonjong tetap bagus dan masih bisa dimakan kok. Hanya saja kalau cari semangka yang manis, biasanya lebih manis itu semangka yang bentuknya bundar.

7. Pada semangka terdapat putih-putih yang besar

watermelonfieldspot

Ini nama kerennya field spot, yakni semangka yang kalau di bagian bawah semangka terdapat bagian yang warnanya lebih cerah (kuning-putih biasanya). Biasanya yang semangkanya ada beginiannya berarti lebih manis. Gak mutlak tapi ya.


Semoga bermanfaat ya!

Leave a Comment